Inilah Macam – Macam Kubah Masjid Yang Harus Anda Tahu

Inilah Macam – Macam Kubah Masjid yang Harus Anda Tahu

Macam – Macam Kubah Masjid -Kubah merupakan bangunan yang menjadi ciri khas dari bangunan umat islam, yang merupakan gagian dari masjid. Hal ini sudah menjadi kepercayaan banyak agaman jika masjid meruakan bangunannya orang islam.

Macam – Macam Kubah Masjid

Dan dengan beraneka ragam umat islam bangunan masjid memiliki bentuk yang berbeda-beda, terutama yang menjadi ciri khas dari masjid adalah bentuk kubahnya. Setiap masjid memiliki ciri khas kubahnya. Meskipun bangunan masjid tidak haru memiliki betuk kubah yang khas. Namun banyak di kalangan masyarakat umum menjadikaan kubah sebagai sebuah kewajiban dari bangunan masjid. Di mana bangunan masjid harus di lengkapi dengan sebuah atap berupa kubah. Hal ini karena kubah bisa menjadi penanda terutama untuk orang yang sedang dalam perjalanan bisa menemukan masjid dari bentuk kubah di atap bangunan masjid.

Selain itu jika bangunan masjid ada kubahnya pastinya akan menjadi keindahan tersendiri. Hal ini karena  kubah masjid bukan  hanya sebagai komponen atau ciri khas saja, namun kubah masjid juga merupakan salah satu penanda arah kiblat dari sisi luar. Dan  reflektor cahanya pun juga berfungsi untuk menerangi sisi dalam interior bangunan masjid.

Kubah Masjid Biasa (GRC) atau Kubah Masjid Galvalum dan Enamel?

Kontraktor Kubah Masjid – Dalam memilih sebuah kontraktor atau untuk membangun kubah Anda harus tahu. Keawetan antara Kubah Masjid Biasa (GRC) atau Memakai Kubah Masjid Galvalum dan  kubah masjid Enamel.

Ada dua alternatif ketika membangun kubah masjid. Nah, Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai alternatif untuk Anda ada dalam membuat kubah masjid. Yaitu  membangun kubah dengan bahan beton (GRC) atau membangun kubah masjid dengan bahan baja ringan, yakni panel Enamel dan Galvalum.

Kubah dengan bahan GRC

Kubah Masjid dengan bahan GRC (Glassfiber Reinforced Cement) atau beton memang banyak diakui  sangat kuat dan kokoh. Bahan bangunan masjid ini mempunyai daya tahan yang kuat dari api dan air. Namun, membangun  kubah masjid dari bahan beton atau GRC ini akan membutuhkan biaya yang sangat besar. Perancangan konstruksinya pun tidak mudah.

Macam – Macam Kubah Masjid

Ketika membangun kubah masjid dengan bahan GRC, otomatis membutuhkan pondasi yang extra kuat. Jika terjadi sebuah bencana seperti gempa, resiko nya akan runtuh dan retak. Dan  jika ada kebocoran ketika hujan deras, akan sulit ditambal dengan seperti semula.

Ini hanya sebuah wawasan saja, tidak menjelekkan antara kubah masjid grc atau kubah masjid enamel atau galvalum. Namun, semua pasti ada resiko dan keuntungan tersendiri

Kubah dengan bahan Enamel dan Galvalum

Memang banyak macam – macam bahan dalam pembuatan kubah masjid. Namun, produsen kubah masjid juga membuat kubah masjid dengan banyak pilihan bahan. Nah, di selanjutnya Anda akan mengenal kubah masjid dengan bahan panel Enamel dan Galvalum.

Macam – Macam Kubah Masjid

Panel Enamel dan Galvalum memakai bahan yang terbuat dari baja ringan. Tidak akan sekokoh dan sekuat kubah masjid beton (GRC). Ketika Anda membangun kubah masjid dengan bahan ini akan jauh lebih simple dibanding dengan Anda membangun kubah masjid bahan Glassfiber Reinforced Cement (GRC). Karena di zaman era yang saat ini fungsi dari sebuah kubah masjid merupakan untuk dekorasi, bukan untuk sebuah perlindungan saja, maka kubah dari bahan seperti ini menjadi sebuah alternatif untuk Anda.

Berbeda dengan kubah masjid dengan bahan beton. Kubah yang terbuat dari baja ringan seperti Enamel dan Galvalum pemasangan kubah masjid dengan bahan ini tidak membutuhkan pondasi extra kuat. Dan resiko kerusakan yang ditimbulkan pun, ketika terjadi bencana seperti hujan deras, gempa, akan relatif kecil.

Setiap banguna pasti ada sisi postifi dan negatifnya baik bangunan kubah dengan bahan GRC atau  bahan enamel dan galvalum. Namun yang memiliki resiko paling kecil menurut kami adalah kubah masjid dengan bahan enamel dan galvalum.

Copyright © 2018 www.produsenkubahmasjid.com made with bismillah by GSA