Konstruksi dan Rangka Kubah Masjid Enamel

Konstruksi dan Rangka Kubah Masjid Enamel

Konstruksi dan Rangka Kubah Masjid Enamel – Membahas mengenai kubah, tentu kita akan membayangkan suatu bangunan yang tak lain adalah masjid. Sebab, kubah menjadi salah satu ciri khas dari sebuah bangunan. Walaupun tidak semua masjid memiliki kubah dan tidak ada pula keharusan menggunakan kubah untuk sebuah bangunan masjid. Kubah sendiri seolah sudah menjadi sebuah keharusan atau kelaziman bagi kalangan umum bahwa sebuah bangunan masjid harus dilengkapi dengan kubah pada bagian atasnya. Salah satu fungsi utama dari kubah adalah bagi orang lain yang sedang dalam perjalanan dan hendak ke masjid, biasanya akan menggunakan kubah masjid sebagai acuan pencariannya.

Konstruksi dan Rangka Kubah Masjid Enamel

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sekarang ini bentuk kubah masjid sudah semakin beragam, baik itu dari ukuran, warna ataupun coraknya. Begitu pula dengan bahan dasar yang digunakan dalam pembuatannya. Belakangan terakhir, bahan dasar yang sering digunakan dalam pembuatan kubah masjid adalah bahan dari baja  ringan yakni galvalum dan enamel.  Kubah masjid yang dibuat dari bahan enamel ini biasa disebut dengan kubah enamel.

Untuk bisa membuat sebuah kubah masjid tentu bukanlah hal yang mudah, hingga akhirnya menjadi sebuah kubah masjid yang sangat indah dan megah akan membutuhkan proses dan waktu yang panjang. Proses yang paling awal adalah membuat rangka kubah masjid. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang konstruksi dan rangka kubah masjid enamel.

  1. Pengertian rangka kubah masjid

Rangka kubah masjid dibuat dari rangkaian-rangkaian pipa dengan diameter sekitar 1.5” hingga 3” (tetapi ada pula yang menyesuaikan dengan diameternya).

  • Kubah yang memiliki diameter antara 15 meter lebih akan menggunakan Space frame (ball joint) atau rangka kremona untuk menjadi rangka kubah.
  • Kubah dengan diamter kurang dari 15 meter akan mengunakan kuda-kuda bentuk mono untuk menjadi rangka kubah.
  1. Dalam membuat rangka kubah masjid, adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
  • Peralatan yang digunakan untuk memanjat
  • Tali tambang
  • Roll Meter
  • Trafo las
  • Gerinda tangan
  • Bor tangan
  • Water pas
  • Kunci pas, dengan ukuran 18 sampai 20
  • Kuas
  1. Berikut ini adalah proses pembuatannya :
  • Membuat desain rangka kubah masjid yang sesuai dengan diameter dan perhitungan beban kubah, untuk dapat mengetahui berapa pipa yang akan dibutuhkan.
  • Sesudah di gambar, maka bisa diketahui berapa ukuran pipa hitam yang akan digunakan.
  • Yang pertama kali dilakukan ketika pemasangan rangka kubah masjid adalah mendirikan tiang atau rangka yang berdiri hingga terangkai dengan baik.
  • Selanjutnya adalah pemasangan gording yang menghubungkan dengan rangka sampai melingkar.
  1. Tipe rangka kubah masjid sendiri ada 3 jenis, yaitu :
  • Tipe rangka kubah masjid Space Frame Ball Join
    Tipe rangka kubah jenis ini umumnya digunakan untuk kubah masjid yang tingginya rata-rata 20 sampai 50 meter
  • Tipe rangka kubah masjid Cremona

Tipe rangka kubah jenis ini umumnya digunakan untuk kubah masjid yang tingginya antara 13 sampai 35 meter

  • Tipe rangka kubah Monotrust

Tipe rangka kubah jenis ini umumnya digunakan untuk kubah masjid yang tingginya kurang dari 15 meter

 Perlu diketahui bahwa desain dan rangka kubah masjid sangat mempengaruhi kekuatan dan harga kubah masjid. Maka dari itu, harga yang ditawarka oleh setiap kontraktor kubah masjid akan selalu berbeda-beda.

Konstruksi dan Rangka Kubah Masjid Enamel

Dari ke tige tipe rangka tersebut, yang paling banyak digunakan dalam bidang konstruksi baja adalah tipe rangka space frame ball join. Adapun kelebihan dari tipe rangka space frame frame jika dibandingkan dengan tipe rangka yang lainnya adalah sebagai berikut :

  • Tipe rangka space frame ball join cukup ringan, sehingga struktur space frame ball join bisa digunakan dalam bentang yang panjang.
  • Space frame ball join adalah system struktural yang berupa elemen linear, sehingga gaya yang terjadi bisa teruskan menjadi elemen tiga dimensi.
  • Tipe rangka space frame ball join adalah konstruksi rangka ruang yang terdiri atas tiga elemen, yakni : elemen bola dua (ball join), batang pipa (member), dan juga connetor set.
  • Tahan sampai 100 tahun dan memiliki tampilan estetika yang sangat bagus.
  • Flesksibel karena bentuknya bisa di pesan sesuai dengan keinginan.
  • Pemasangannya cukup cepat dan mudah karena telah menggunakan system knock down atau bongkar pasang

Berikut ini adalah beberapa contoh pembuatan kerangka kubah yang memakai sistem space fram ball join :

  1. Masjid
  2. Hanggar
  3. Ruang tunggu Bandara
  4. Stadion

Beberapa contoh gambar rangka kubah masjid

Adapun struktur fabrikasi rangka kubah masjid enamel adalah sebagai berikut :

  1. Desain rangka kubah masjid

Desain atau data gambar merupakan awal dari proses pembuatan konstruksi dan rangka kubah masji enamel, karena dari desain atau data gambar itulah tim survey nantinya akan kelapangan untuk melakukan pengukuran diameter kubah masjid yang akan dibangun.

Contoh desain rangka kubah masjid

  1. Melakukan persiapan material pipa

Dalam hal persiapan material pipa, bisa menggunakan pipa baja galvalum ataupun pipa hallow. Pipa harus dibersihkan  serta dipersiapkan sesuai dengan ukuran baik diameter ataupun panjang pendeknya. Pemilihan pipa yang berkualitas baik menjadi hal penting dalam membuat rangkan kubah masjid yang kokoh dan tahan lama.

  1. Melakukan proses pengerollan pipa

Proses pengerollan adalah sebuah proses dimana pipa dilengkungkan sesuai dengan desain gambar, memakai mesin roll.

Konstruksi dan Rangka Kubah Masjid Enamel

  1. Melakukan perakitan pipa

Proses perakitan pipa adalah proses dimana pipa dirakit untuk menjadi kerangka  yang kelengkungannya di setel sesuai dengan desain gambar. Rangka yang sudah di roll di beri bersing agar bisa menjadi sebuah konstruksi dengan bentuk kubah.s

  1. Melakukan pengelasan pipa

Pengelasan pipa ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat menguatkan rangkaian pipa-pipa supaya tetap pada setelannya. Disamping itu juga akan mempermudah membawa ke lokas tempat dimana masjid berada.

  1. Melakukan pemasangan rangka penutup

Proses pemasangan rangka penutup merupakan proses yang paling akhir.

Adapun spesifikasi yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • Rangka penutup makara atau pucuk kubah masjid
  • Pengerolan untuk bagian rangka sekunder kubah masjid yang berbentuk lengkung disesuaikan dengan kelengkungan atap.
  • Rangka sekunder menggunakan pipa galvanis dan hollow galvanis untuk bisa memberikan perlindungan terhadap karat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai konstruksi dan rangka kubah masjid enamel mulai dari pengertian rangka kubah, alat-alat yang diperlukan dalam membuat rangka kubah, proses  dalam pembuatan rangka kubah ataupun tipe kubah. Semoga apa yang telah kami sampaikan kali ini bermanfaat dan dapat menambawah wawasan serta mendatangkan ide-ide baru bagi Anda semua.

Copyright © 2018 www.produsenkubahmasjid.com made with bismillah by GSA