Bentuk Dan Ornamen Kubah Masjid

Bentuk Dan Ornamen Kubah Masjid

Ornamen Kubah Masjid.  Kata ornamen sangat identik dengan sebuah bangunan yang menjadi tempat beribadah umat muslim, yaitu Masjid. Meskipun tidak semua masjid mempunyai kubah pada bagian atapnya, namun kubah yang terdapat di Negara kita kebanyak bisa kita temui pada sebuah bangunan masjid.

Bentuk Dan Ornamen Kubah Masjid

Bentuk kubah masjid yang di buat memiliki makna dan filosofi tersendiri. Untuk makna dan filosofi dari bentuk kubah masjid yang bulat setengah lingkaran yang mengembang di bagian tengah mempresentasikan keluasan dan kelapangan yang memiliki arti kebesaran Tuhan, selain itu juga bahwa Islam adalah sebuah ajaran yang terbuka, dan selalu mencintai kedamaian. Sedangkan di bagian pondasinya yang melingkar mempresentasikan kebersamaan dan toleransi, untuk bentuk dasar kubah masjid yang melingkar dan mengerucut ke atas mempunyai filosofi Keesaan dan Kebesaran Tuhan.

Selain kubah masjid yang akan memberikan kesan sangat indah dan megah, ornamen pada kubah masjid juga tak kalah pentingnya dalam hal ikut membantu memperindah tampilan masjid. Ornamen yang biasa kita lihat seperti bulan dan bintang yang ada di bagian atas puncak tertinggi kubah masjid, juga ukiran-ukuran kaligrafi pada langit-langit kubah bagian dalam dan lampu gantung besar adalah bagian yang menyejukkan mata dan memberikan kedamaian pada sebuah bangunan masjid.

Bentuk Kubah Masjid

Saat ini bentuk-bentuk kubah masjid yang biasa kita jumpai lebih bervariasi, ini semua di sebabkan karena sudah semakin berkembangnya seni arsitektur islami yang terdapat di Negara kita. Kubah masjid yang sering kita temui pada bangunan masjid sekarang ini tidak hanya memiliki bentuk bulat setengah lingkaran saja tetapi ada pula yang memiliki bentuk elips lonjong ke atas dan bahkan ada yang bentuknya menyerupai bawang.

Bentuk dan ornamen kubah masjid yang dibuat sangat dipengaruhi oleh banyak aspek seperti aspek geografis dan aspek budaya daerah dimana kubah masjid tersebut dibuat. Misalnya saja kubah masjid di daerah Afrika Selatan yang memiliki bentuk kubah agak bulat dan agak rendah, sedangkan di daerah Cina ada unsur arsitektur yang bergaya Cina pada kubahnya. Sementara itu, di derah India kubahnya memiliki bentuk agak bulat dan di derah Persia kubahnya memiliki bentuk Bawang. Di Indonesia sendiri banyak sekali yang mengadopsi bentuk-bentuk kubah masjid bergaya timur tengah yakni setengah lingkaran dan belakangan terakhir para arsitektur kubah masjid di Indonesia sudah banyak yang memasukkan berbagai unsur dari daerah-daerah lainnya.

Berikut ini adalah beberapa bentuk kubah masjid yang terdapat di Negara kita, antara lain yaitu :

  1. Kubah berbentuk bulat setengah lingkaran

Masjid Umar yang berada di Yerussalem merupakan salah satu kubah masjid yang berbentuk bulat setengah lingkaran yang dibangun ketika kekuasaan Khalifah Abdul Malik (685-688). Kubah yang satu ini terkenal dengan sebutan Kubah batu atau Dome Of The Rock.

Berikut ini adalah beberapa contoh masjid dengan bentuk kubah masjid bulat setengah lingkaran :

  1. Kubah berbentuk oval seperti telur

Kubah jenis yang satu ini lonjong seperti telur, pada bagian bawahnya cukup panjang. Umumnya pada bagian bawahnya dimodifikasi untuk dapat menambah keunikan kubah.

Berikut ini adalah beberapa contoh masjid yang memiliki bentuk kubah oval seperti telur :

Bentuk Dan Ornamen Kubah Masjid

  1. Kubah berbentuk bawang

Kubah yang satu ini menyerupai bawang, bulat mengembang dan rendah, tidak terlalu tinggi.

Sementara itu, bentuk-bentuk kubah masjid yang ada dan tersebar hingga di seluruh dunia ada 12 macam :

  1. Kubah Berumbi

Kubah berumbi memiliki bentuk yang sederhana, mirip separuh bumi tapi di bagian bawah sedikit memanjang dan pada bagian ujungnya meruncing seperti bentuk tunas umbi yang sedang tumbu. Contohnya adalah kubah pada bangunan Taj Mahal di negara India. Kubah masjid dengan bentuk berumbi ini sebagian besar banyak ditemui pada bangunan masjid di Mesir.

  1. Kubah Biara

Kubah Biara memiliki bentuk yang berbeda bila dilihat dari luar tidak akan terlihat seperti kuba masjid pada umumnya. Kubah jenis ini hanya akan terlihat layaknya sebuah kubah apabila dilihat dari bagian bawah kubah. Bentuk dasar kubah yang satu adalah persegi, mempunyai rangka sudut dan permukaan kubah masjid berupa bidang lengkung.

  1. Kubah Bersusun

Kubah bersusun mempunyai dua buah kubah pada satu atap yang ditumpuk. Kubah masjid bagian bawah nampak mempunyai sisi yang melengkung, sedangkan pada bagian atasnya mempunyai ujung yang runcing. Kubah masjid yang satu sudah sangat jarang dijumpai. Kubah Bersusun banyak ditemui pada bangunan-bangunan di masa Bizantium.

  1. Kubah bentuk panah menyilang

Kubah bentuk panah menyilang ini pada bagian kolong kubahnya terdapat garis-garis yang tidak saling memotong, tetapi saling bertemu di banyak titik sehingga akan membentuk pola geometris kotak. Beberapa garis tersebut kemudian seolah membentuk bintang.

  1. Kubah Geodesic

Kubah geodesic memiliki bentuk yang tidak sepenuhnya bulat halus, tetapi terdiri atas banyak bilah datar yang menyatu sampai berbentuk polihedral. Sudah banyak sekali masjid yang memiliki kubah jenis ini namun lebih sering diaplikasikan untuk bangunan monumen.

  1. Kubah Setengah Lingkaran

Kubah setengah lingkaran ini mempunyai bentuk seperti bola yang di potong. Kubah masjid dengan bentuk seperti ini pertama kali dijumpai di Asyiria.

  1. Kubah Bawang

Kubah bawang memiliki bentuk melengkung pada bagian atas dan bawah kubah, kemudian pada bagian atas kubah masjid terlihat meruncing. Bagian bawah kubah masjid juga terlihat jauh lebih kecil seperti pangkal bawang. Kebanyakan masjid yang ada di Indonesia memiliki bentuk seperti ini, sedangkan di luar negeri banyak ditemui pada gereja-gereja orthodox di  Rusia.

  1. Kubah Telur atau Oval

Kubah telur atau oval memiliki bentuk seperti belahan telur raksasa yang di belah secara horizontal sehingga akan memiliki bentuk  lonjong. Bentuk kubah masjid oval ini banyak ditemui pada bangunan-bangunan kuno pada masa Barok Rococo.

  1. Kubah Parabola

Kubah parabola memiliki bentuk lengkung tetapi tidak bulat penuh, bentuknya pun lonjong dengan ujung yang semakin mengecil. Kubah yang satu ini dapat kita temui pada sejumlah bangunan kuno di Tattinu.

  1. Kubah Layar

Kubah layar mempunyai 4 buah alas yang dimana masing-masing alas memiliki rongga berbentuk setengah lingkaran. Rongga-rongga ini akan saling menyatu pada bentuk kubah bagian atasnya.

  1. Kubah Piring Tengkurap

Kubah pering tengkurap memiliki bentuk ceper dan hampir datar sama seperti piring saus. Menurut para ahli dan juga para pengamat arsitektur kubah jenis yang satu ini merupakan kubah masjid paling stabil dan kuat, terlebih jika bahan dasar pembuatannya adalah dari beton. Kubah masjid bentuk piring tengkurap ini akan sangat cocok sekali untuk bangunan yang luas. Namun kubah masjid ini memiliki kekurangan yaitu kurang mampu meredam efek dari radiasi sinar matahari karena memiliki bentuk yang ceper.

  1. Kubah Payun

Kubah payun memiliki bentuk seperti lembaran-lembaran berbentuk lingkaran dan lengkungan yang membentuk kurva sama seperti sebuah payung.

Bentuk kubah masjid pun sangat berpengaruh terhadap harga kubah karena tergantung pada bahan dan juga tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Ornamen Kubah Masjid

Ornamen pada kubah masjid didominasi oleh seni arsitektur dari timur tengah, seperti ukiran-ukuran kaligrafi yang dikombinasikan dengan warna-warna sangat indah sehingga menjadi ciri khas yang terbilang sangat unik. Ornamen ukiran kaligrafi ini letaknya adalah pada bagian bawah dan dalam kubah, bila dilihat dari masjid maka letaknya adalah di atas atau langit-langit masjid.

Ukiran-ukiran kaligrafi tersebut harus dibuat dengan warna-warna dari cat khusus yang telah teruji ketahanan dan kualitasnya yang sangat kuat dan tahan lama, mengingat letaknya yang ada di bagian atas.

Berikut ini adalah beberapa contoh desain ornamen kubah masjid :

Bentuk Dan Ornamen Kubah Masjid

Ornamen berupa lampu hias yang besar

Demikian ulasan singkat mengenai bentuk dan ornamen kubah masjid yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bermanfaat bagi Anda semua yang telah membacanya terutama bagi Anda yang sedang mencari referensi tentang bentuk dan ornamen kubah masjid.

Dengan melihat dan mengetahui keindahan bentuk serta ornamen kubah masjid, maka kita juga akan mengetahui makna dan filosofi di baliknya. Meskipun kubah masjid telah mengalami banyak perkembangan seiring dengan perkembangan zaman, tetapi tetap memberikan energy dan aura positif bagi umat muslim yang beribadah di dalamnya. Khusuk dan ikhlas bersujud hanya kepada Allah.

Copyright © 2018 www.produsenkubahmasjid.com made with bismillah by GSA