7 Desain Kubah Masjid Terbaik di Indonesia

7 Desain Kubah Masjid Terbaik di Indonesia

Kubah masjid menjadi ciri khas dari sebuah masjid. Kita pun bisa melihat dari banyaknya masjid-masjid indah dan megah yang tersebar hingga di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu keindahan yang paling menonjol dari sebuah bangunan masjid adalah pada kubahnya. Kubah masjid yang indah tentu akan semakin membuat bangunan masjid tersebut terlihat megah.

7 Desain Kubah Masjid Terbaik di Indonesia

Seiring dengan berkembangnya ilmu arsitektur islam  di dunia maka akan semakin banyak pula kubah masjid yang dihasilkan baik dari corak, warna ataupun bentuknya.

Berikut  ini adalah 7 desain kubah masjid terbaik di Indonesia :

  1. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban yang terlihat sangat indah dan megah ini berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Awal mulanya masjid indah ini memiliki nama Masjid Astana yang di bangun pada abad ke 15 masehi yaitu pada masa pemerintahan Adipati Raden Ario Tedjo yang merupakan Bupati Tuban Ke 7. Pada tahun 1894 masjid ini mulai dilakukan renovasi, yaitu pada saat pemerintahan Raden Toemengoeng Koesmodiko yang merupakan Bupati Tuban ke 35.

Seiring dengan berjalannya waktu, masjid ini telah berganti nama menjadi Masjid Jami. Namun setelah itu, masjid ini berganti nama lagi menjadi Masjid Agung Tuban. Masjid ini tepat berada di sebelah barat alun-alun kota Tuban, masjid yang sangat indah dengan arsitektur bagaikan bangunan masjid di dalam dongeng 1001 malam ini benar-benar akan membuat takjub mata yang telah memandang.

Salah satu keindahan dari masjid ini adalah pada bagian kubahnya yang terbilang sangat unik dan memiliki warna cerah yang di dominan warna kuning dan biru. Diapit pula oleh menara-menara kokoh dengan warna-warni sehingga menjadikan masjid yang satu ini semakin indah dan megah.

7 Desain Kubah Masjid Terbaik di Indonesia

  1. Masjid Islamic Centre Samarinda

Masjid  indah dan megah yang telah menempati lahan seluas 43.500 meter perseg ini berdiri tepat di tepi Sungai Mahakam Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, atau lebih tepatnya di Kelurahan Teluk Lerong Ulu.

Masjid yang satu ini benar-benar terlihat sangat megah dengan design kubahnya yang sangat mirip dengan kubah masjid Haghia Sophia yang berada di Istanbul Turki. Kubah masjid yang sangat ini dikelilingi oleh tujuh menara kokoh setinggi sembilan puluh sembilan dengan menara utamanya yang bertuliskan Asmaul Husna dengan jumlah sembilan puluh sembilan. Selain itu, kubah masjid ini juga dilapisi dengan batu granit yang terinspirasi dari Masjid Nabawi Madinah.

Masjid Islamic Centre Samarinda ini adalah masjid terbesar dan termegah yang ada di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal dan Masjid Al Akbar. Masjid indah yang baru dibangun pada tahun 2000 lalu ini telah menjadi icon baru kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur.

  1. Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar merupakan masjid kedua terbesar di Indonesia setelah Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Masjid ini dibangun pada tahun 1995 lalu dan telah resmikan oleh Presiden RI KH.Abdurrahman Wahid pada tahun 2000. Masjid yang satu ini berada di kota Surabaya Jawa Timur atau lebih tepatnya di Kec Jambangan. Masjid Al Akbat kini telah menjadi salah satu dari icon kota Surabaya dan juga menjadi tempat wisata religi.

Masjid dengan kubah seberat 200 ton i memiliki design kubah yang benar-benar sangat indah dan unik. Berbeda dengan kubah masjid pada umumnya, kubah masjid ini memiliki bentuk elips seperti bentuk telur. Memiliki warna biru agak kehijauan membuat kubah masjid yang satu ini seakan menyatu dengan birunya langit yang menaunginya. Masjid Al Akbar ini memiliki kubah setinggi 27 meter yang telah menumpu pada atap piramida terpancung.

Masjid ini memiliki 45 pintu-pintu bukaan ganda yang sangat tinggi dan besar. Pintu-pintu dibuat dari bahan kayu jati yang telah di datangkan khusus dari Perhutani dan dibuat oleh para pengrajin asal Surabaya.

  1. Masjid Raya Al Azram Tangerang

Masjid Raya Al Azram yang berada di kota Tangerang ini memiliki diameter sepanjang 63 meter sehingga dipercaya sebagai sebuah Masjid dengan kubah terbesar di dunia. Selain memiliki design kubah yang khas dan unik masjid yang satu ini juga memiliki kelebihan lain yang sangat menakjubkan, yaitu kubah masjid besarnya tidak ditopang oleh tiang penyangga, melainkan oleh empat kubah kecil yang memiliki bentuk setengah lingkaran yang ada di sekelilingnya.

Pada sebelah ssi dalam empat kubah kecil tersebut tertulis kaligrafi indah ayat-ayat dalam Al Quran, diantaranya adalah sisi kubah barat bertuliskan Surat Al Baqarah ayat 225, Ayat Al Baqarah ayat 284-285 dan Surat An Nur ayat 35.  Pada bagian kubah selatan bertuliskan Surat At Taubah ayat 105, Ali Imron ayat 112, Al An’nam ayat 132-133, dan An Nahl ayat 97. Dan pada bagian sisi kubah timur bertuliskan Surat Ar Rum ayat 30-33 dan Al Bayinah ayat 5. Sedangkan pada bagian sisi kubah utara bertuliskan Surat Al Anbiya ayat 107, Lukman ayat 17-18, dan Al Fath ayat 29. Ayat-ayat ini disusun dalam 3 baris, sedangkan baris keempat pada setiap kubah akan diisi dengan Asmaul Husna.

Masjid Indah yang bergaya Timur Tengah ini di bangun pada tahun 1997 lalu. Dengan biaya sekitar 28 miliar rupiah masjid  ini selesai di pada bangun pada tahun 2003 dan telah di resmikan oleh Menteri Agama RI pada saat itu. Masjid Raya Al Azram ini adalah landmark kota Tangerang. Masjid indah yang satu ini kini juga menjadi kebanggan masyarakat Kota Tangerang.

  1. Masjid Agung Kediri

Masjid Agung Kediri adalah masjid terbesar dan termegah yang ada di kota Kediri. Masjid ini berada di sebelah timur Sungai Brantas, masjid indah ini menjadi kebanggan masyarakat Kediri.

Selain digunakan sebagai tempat beribadah, masjid yang telah dibangun pada tahun 2006 ini kini juga digunakan sebagai tempat untuk menyelanggarakan berbagai macam kegiatan keagamaan. Masjid Agung Kediri juga menjadi salah satu objek wisata yang terdapat di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kubah masjid ini telah ditopang oleh atap bertumpuk tiga yang dirancang sejajar tetapi bersilangan sehingga menghasilkan design layaknya bersisi delapan yang lebih dikenal sebagai simbol dunia islma. Disamping itu, juga sebagai simbol arah mata angin dengan delapan sisi yang mengartikan bahwa agama islam merupakan agama yang selalu menebarkan rahmat untuk seluruh alam. Desain kubahnya yang sangat mempesona dengan sisi-sisi bagian kelopak bunga teratai yang berwarna hijau putih tentu akan membuat mata sejuk jika dipandang.

Menara tinggi yang telah berdiri dengan kokoh di sebelah tengga masjid akan semakin melengkapi keindahan Masjid Agung Kediri ini. Deretan pilar-pilar beton yang cukup besar dan tinggi membuat masjid yang satu terlihat sangat megah.

  1. Masjid Agung Natuna

Masjid Agung Natuna dibangung pada lahan yang memiliki luas satu hektar di Pulau Natunan Kepulau Riau, masjid yang satu ini juga merupakan masjid paling megah se-Kepulauan Riau. Masjid yang baru saja selesai di bangun pada tahun 2009 ini terlihat hampir mirip dengan bangunan Taj Mahal yang ada di negara Indi. Arsitektur masjid yang satu ini memang mengkombinasikan gaya masjid di Cordoba (Spanyol), Taj Mahal (India) dan juga masjid Nabawi (Arab Saudi).

7 Desain Kubah Masjid Terbaik di Indonesia

Desain kubah masjidnya yang sangat indah berhiaskan ornamen kaligrafi yang memiliki bentuk bintang dengan warna hijau dan kuning sungguh bernafaskan silam dan semakin menambah keunikan masjid yang satu ini.

Masjid indah dan megah yang merupakan icon dari Pulau Natuna ini menjadi salah satu objek wisata daya tarik yang tersendiri bagi para pendatang yang berkunjung ke pulau ini.

  1. Masjid Dian Al Mahri Depok

Pastinya Anda semua sudah tidak asing lagi dengan masjid yang satu ini? Ya, ini merupakan Masjid Dian Al Mahri atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas.

Masjid indah ini dibangun oleh seorang pengusaha yang berasal dari Banten yakni Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid. Pembangunan masjid ini di mulai pada tahun 1996 dan telah telah berakhir pada tahun 2001 lalu dengan mengambil lokasi yang lebih tepatnya di pinggir Jalan Raya Meruyung, Kec Limo, Depok, Jawa Barat. Masjid yang satu ini menjadi sangat terkenal setelah dibuka untuk umum pada tahun 2006 yang pada waktu itu bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Yang membuat masjid ini sangat terkenal adalah bagian seluruh kubahnya yang dibuat dari emas murni 24 karat yang bahan materialnya diimport secara langsung dari Italia dan juga area masjidnya yang sangat luas. Masjid Dian Al Mahri Depok mempunyai 5 kubah, yaitu dengan satu kubah yang utama dan 4 kubah kecil yang seluruh bagian kubahnya dilapisi oleh emas yang memiliki tebal 2 hingga 3 milimeter serta mozaik kristal.

Kubah utama yang besar memiliki diameter bawah 16 meter yang hampir menyerupai desain kubah Taj mahal, untuk diameter tengah adalah 20 meter dan tingginya 25 meter. Sedangkan untuk 4 kubah kecil mempunyai diameter bawah 6 meter, tengahnya 7 meter dan untuk tingginya 8 meter. Salah satu asesoris masjid yang indah ini adalah lampu gantung yang ada di dalam masjid yang didatangakan secara langsung dari Italia yang beratnya mencapai hingga 8 ton.

Demikian pembahasan mengenai 7 Desain Kubah Masjid Terbaik di Indonesia yang bisa kami sampaiakan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bermanfaat atau setidaknya dapat menambah wawasan Anda semua.

Copyright © 2018 www.produsenkubahmasjid.com made with bismillah by GSA